Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pusdiklat MA Monitoring Calon Hakim di Pengadilan Negeri Palangka Raya

  • 15 November 2018 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Mahkamah Agung melakukan monitoring kepada 11 calon hakim di Pengadilan Negeri Palangka Raya, Kamis (15/11/2018).

Monitoring tersebut, merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi para calon hakim yang sedang magang di Pengadilan Negeri Palangka Raya.

Hakim Tinggi Pusdiklat MA, Guntur, mengatakan, program pendidikan calon hakim ini memiliki tiga tahap. Setiap tahap, para calon hakim akan langsung melakukan praktek di lapangan setelah mendapatkan teori yang cukup selama mengikuti pendidikan di Pusdiklat.

"Ada tahap 1, 2 dan 3 dalam Program Pendidikan Calon Hakim. Setiap tahap itu kita sisipkan program magang. Jadi setelah mendapatkan teori yang cukup pada diklat 1, mereka akan kami tempatkan di Pengadilan-pengadilan, begitu pun tahap lainnya," kata Guntur.

Guntur mengatakan, dengan program pendidikan dari pusdiklat tersebut para calon hakim diharapkan bisa menjadi hakim yang profesional dan berintegritas.

"Bulan depan mereka para calon hakim akan kami tarik lagi ke Pusdiklat. Disana nanti mereka akan mendapatkan pendidikan lagi 1 bulan, dilanjutkan dengan teori lanjutan. Kemudian mereka akan dikembalikan ke Pengadilan. Proses tersebut akan berlangsung 3 kali," kata Guntur.

Guntur menambahkan ada sebanyak 84 Pengadilan Negeri yang disisipkan oleh Pusdiklat MA sebagai tempat magang para calon hakim di Indonesia. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru