Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebun Raya Sampit Pembangunan Seumur Hidup

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 November 2018 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Timur (Kotim) Sanggul Lumban Gaol mengatakan Kebun Raya Sampit merupakan pembangunan seumur hidup.

"Kebun Raya Sampit ini tidak bisa hanya dibangun dua hingga tiga tahun saja. Tapi seumur hidup," kata Sanggul, Jumat (16/11/2018).

Kebun Raya Sampit memiliki lahan yang sangat luas yakni mencapai 607 hektare. Di sana mulai ditanami sejumlah pohon asli daerah dan lainnya. Hal itu membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk berkembang.

"Saat ini yang ditanam hanya bibitnya. Butuh bertahun-tahun untuk tumbuh besar," kata Sanggul.

Dia mengatakan, launching Kebun Raya Sampit akan dilakukan pada 2020 mendatang. Namun pembangunannya akan terus berjalan tanpa ada batasan waktu. Hal itu dilakukan agar terus berkembang dan semakin bagus.

"Pembangunan Kebun Raya Sampit membutuhkan dana sebesar Rp 1,4 terliun. Akan dilakukan secara bertahap," kata Sanggul. 

Kebun Raya Sampit akan dilengkapi dengan hutan mangrove sebagai pendukung objek wisata. Dengan harapan akan menjadi pusat konservasi tumbuhan Kalimantan dengan ikon pohon damar Borneo (Agathis borneensis warb).

"Sedangkan saat ini tim ahli sudah menemukan 155 jenis tumbuhan, 23 jenis burung, serta buah-buahan lokal di Kebun Raya Sampit ini. Dan nantinya akan terus ditambah dengan tanaman lainnya," terang Sanggul. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru