Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Inovasi Desa untuk Tingkatkan Kapasitas Desa

  • Oleh Ramadani
  • 27 November 2018 - 19:18 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Program inovasi desa merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN tahun 2015-2019. Program inovasi desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa.

Plt Kepala Dinas Sosial, PMD Kabupaten Barito Utara, Eveready Noor, Selasa (27/11/2018) di Muara Teweh mengatakan dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktifitas masyarakat dan kemandirian ekonomi. Serta, mempersiapkan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan daya saing.

“Program inovasi desa ini merupakan salah satu upaya dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi guna mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah pedesaan melalui optimalisasi pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis. Salah satu dari kegiatan program inovasi desa ini adalah bursa inovasi desa,” kata Eveready Noor.

Ia mengatakan, bursa inovasi desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovatif masyarakat yang berkembang di desa-desa. 

Bursa inovasi desa ini juga merupakan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru