Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur: Realisasi Panen Padi di Dusun Tengah Sudah 70 Persen

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Mei 2024 - 23:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur Lurikto, memantau realisasi panen padi di kecamatan Dusun Tengah, Senin, 6 Mei 2024.

Kegiatan tersebut dilakukan Lurikto bersamaan dengan monitoring Program Biofortifikasi Padi di wilayah yang sama.

"Saat ini realisasi panen padi musim tanam Okmar (Oktober-Maret) di Kecamatan Dusun Tengah sudah mencapai 70 persen. Nanti setelah beberapa minggu lahan diistirahatkan petani akan mempersiapkan untuk musim tanam Asep (April-September)," ujarnya saat mengunjungi Kelompok Tani Sidodadi di Kelurahan Ampah Kota.

Lurikto mengakui hasil panen kali ini menurun akibat pembatasan kuota pupuk bersubsidi oleh pemerintah pusat yang berdampak sulitnya petani mendapatkan pupuk bersubsidi.

"Memang ada penurunan produksi karena petani sulit mendapatkan pupuk bersubsidi tapi penurunannya tidak signifikan," ungkapnya.

Karena itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berharap dengan adanya bantuan pupuk, benih, fungisida dan insektisida biologi melalui Program Biofortifikasi Padi Kementerian Pertanian pada musim tanam April-September tahun ini, dapat mendorong kembali peningkatan produksi pertanian.

"Kita berharap bantuan yang sudah disalurkan ini dapat menjadi penyemangat buat petani dan meningkatkan produksi padi," ucapnya.

Menurut Lurikto, program biofortifikasi padi merupakan proses penambahan atau peningkatan kualitas nutrisi padi melalui penggunaan pupuk organik dan pemuliaan tanaman. 

Pada program ini Kementerian Pertanian melalui satuan kerja di provinsi menyalurkan bantuan kepada kelompok tani berupa pupuk NPK, fungisida dan insektisida biologi serta benih.

Rincian bantuan yang diterima Barito Timur yaitu 44 ton pupuk NPK, 11 ton benih padi serta 440 paket fungisida dan insektisida biologi.

Berita Terbaru