Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Optimistis Target Serapan Anggaran Tercapai

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Desember 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau optimistis target serapan anggaran tahun 2018 ini tercapai.

"Kalau untuk dana yang bersumber dari APBD, kita tidak ada masalah dan serapannya cukup bagus. Hanya memang untuk dari APBN, masih agak rendah," kata asisten III Setda Lamandau, Albert Jackat, usai rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra), Jumat (7/12/2018).

Jackat menyebut, pemkab tetap yakin realisasi serapan anggaran baik untuk keuangan maupun fisik dapat terpenuhi. Apalagi, berdasarkan laporan sejumlah kepala SOPD, saat ini posisinya hanya tinggal pembayaran karena pekerjaan sudah selesai. 

"Artinya, ketika nantinya sudah dibayarkan, baru dimasukan ke dalam perhitungan realisasi serapan anggaran total," imbuh Albert Jackat. 

Berdasarkan data yang dipaparkan Kepala Bappeda Lamandau, sampai dengan tanggal 30 November lalu, realisasi serapan anggaran Kabupaten Lamandau memang masih berada di bawah target. 

Persisnya, untuk realisasi keuangan baru mencapai 74,89 persen. Sedangkan realisasi fisik baru mencapai 78,62 persen. Padahal hingga akhir Nopember ditargetkan untuk keuangan sebesar 93 peraen dan untuk fisik sebesar 98 persen. 

"Melihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, realisasi serapan anggaran Kabupaten Lamandau tidak pernah berada di bawah 90 persen. Artinya, serapan anggaran kita bisa dikatakan cukup baik," tukas Jackat. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru