Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analisis Standar Biaya Untuk Tentukan Kewajaran Belanja

  • Oleh Ramadani
  • 11 Desember 2018 - 16:08 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Pemerintah Kabupaten Barito Utara menggelar Seminar Penyusunan Dokumen Analisis Standar Biaya (ASB) di Aula Bappeda Litbang, Selasa (11/12/2018).

Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, mengatakan ASB merupakan standar untuk menganalisis anggaran belanja yang digunakan dalam suatu program atau kegiatan. Demi menghasilkan tingkat pelayanan tertentu dan kewajaran biaya unit kerja dalam satu tahun anggaran.

“Ada bebeberapa manfaat dari ASB ini seperti Pemkab Barito Utara dapat menentukan kewajaran belanja untuk melaksanakan suatu kegiatan sesuai tupoksinya,” kata Wakil Bupati.

Kemudian, meminimalisasi terjadinya pengeluaran yang kurang jelas yang mengakibatkan inefisiensi anggaran. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Dan menentukan anggaran berdasarkan pada tolak ukur kinerja yang jelas.

Selain itu, unit kerja mendapat keleluasan yang lebih besar untuk menentukan anggaran sendiri. Dan sebagai dasar untuk penentapan plafon anggaran pada PPAS. Penentuan besar alokasi di setiap kegiatan menjadi objektif.

“Pemerintah daerah memiliki argumen yang kuat jika dituduh melakukan pemborosan serta peyusunan anggaran menjadi lebih tepat waktu,” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru