Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Minta Perketat Pengawasan Ilegal Fishing di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Januari 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas Razikin meminta agar pemerintah daerah terus berupaya untuk tetap menjaga keseimbanhan ekosistem perairan, salah satunya adalah dengan memperketat pengawasan ilegal fishing di 2019 ini.

"Kita harapkan untuk terus memperketat pengawasan untuk menjaga keadaan lingkungan perairan jangan sampai rusak, caranya bisa dengan sosialisasi terus kepada masyarakat, dan melakukan razia serta pengawasan secara berkala," ucap Razikin, Jumat (4/1/2019).

Adapun menurut Razikin ilegal fishing yang kerap terjadi misalnya seperti melakukan penyetruman di daerah sawah atau irigasi pertanian (parit) dapat mengakibatkan dampak yang lebih besar, bukan hanya ikan saja terganggu regenerasinya tapi juga bisa membuat kerusakan bagi padi yang baru tumbuh.

Dia mengimbau masyarakat agar tidak melakukan penangkapan ikan secara ilegal, seperti mengggunakan setrum dan racun karena dapat mencemari ekosistem sungai dan ikan-ikan yang sedang beregrenasi yang ada di perairan danau maupun sungai akan punah.

"Saya harapkan di tahun yang baru ini dapat lebih diperketat pengawasannya, mencegah adanya oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab agar ekosistem yang ada tetap terjaga dan seimbang," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru