Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Pentingnya Dilakukan Monitoring Pelaksanaan Dana Desa di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Januari 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kapolsek Kapuas Hilir Iptu Siti Rabiyatul Adawiyah mengatakan tujuan dan pentingnya dilakukan monitoring terhadap pelaksanaan dana desa (DD) tahap III tahun 2018 salah satunya untuk mencegah terjadinya penyelewangan dalam pengerjaan yang bersumber dari pemerintah pusat tersebut.

Karena menurut kapolsek DD yang disalurkan pemerintah nilainya tidak sedikit dan bertujuan untuk membangun desa. Untuk itulah pentingnya dilaksanakan monitoring bersama dengan instansi teknis terkait.

"Kegiatan monitoring ini untuk memantau sejauh mana penyaluran DD serta perkembangan pelaksanaan kegiatan fisik dan pelaporannya," ucap Iptu Siti Rabiyatul Adawiyah, Kamis (24/1/2019).

"Karena dana desa sangat besar bagi setiap desa harus dikelola secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara benar dan penuh tanggungjawab," lanjutnya.

Pihaknya selaku aparat hukum tentunya mengharapkan pengelolaan keuangan desa harus diikuti dengan peningkatan kapasitas atau kemampuan para kepala desa atay perangkat desa tentang pengelolaan keuangan.

"Sehingga dalam pelaporannya tepat dan tidak ada yang kurang yang bukan tidak mungkin bisa masuk ke ranah hukum," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru