Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan Peringatkan Kepada SKB Agar Selektif Terima Peserta Didik

  • Oleh Ramadani
  • 25 Januari 2019 - 19:34 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Minat peserta didik mengikuti proses belajar mengajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sangat rendah.

Sebagai contoh jumlah murid program paket A di SKB yang ada di Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, sebanyak 20 orang. Namun yang aktif hanya 10 orang.

Kemudian, jumla peserta didik paket B yang terdaftar sebanyak 70 orang. Namun, yang aktif mengikuti proses belajar mengajar atau tatap muka hanya 35 orang.

Demikian pula dengan paket C. Jumlah peserta didik yang terdaftar sebanyak 90 orang. Namun, yang aktif hanya 64 orang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara Masdulhaq memperingatkan kepala SKB agar selektif dalam menerima peserta didik.

Selain itu, peserta didik wajib diberikan penjelasan agar mengikuti proses belajar-mengajar dengan sungguh-sungguh.

“Karena sejak 2017 peserta didik yang terdaftar pada satuan pendidikan tidak serta merta bisa mengikuti ujian nasional (UN) sebelum memenuhi syarat. Di antaranya wajib terdata di Dapodik, mempunyai rapor setiap jenjang/kelas yang diikuti melalui belajar dan tatap muka, dan baru bisa didaftarkan sebagai calon peserta UN. Karena ujian kesetaran juga berbasis komputer nantinya,” kata Masdulhaq, Jumat (25/1/2019).

Di sisi lain, Masdulhaq mengaku bangga atas keaktifan pegawai SKB baik PNS maupun honorer dan berpesan agar dipertahankan, bila perlu ditingkatkan.

Kadisdik juga berencana mengelar apel gabungan di lingkup Dinas Pendidikan setiap hari Senin minggu ll setiap bulan yang melibatkan pegawai SKB dan Koordinator Pendidikan Wilayah Pendidikan Kecamatan Teweh Tengah, serta kepala SD dan SMP di dalam Kota Muara Teweh. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru