Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berharap Kenaikan Harga CPO Februari-Maret 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 08 Februari 2019 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perusahaan riset CIMB Research memperkirakan penerapan mandatori biodiesel B10 di Malaysia akan meningkatkan permintaan biodiesel dari negeri jiran itu, yang akan berimbas pada peningkatan harga minyak sawit mentah (CPO).

Dengan mandatori B10, permintaan biodeisel dari Malaysia akan meningkat menjadi sekitar 760.505 ton pada 2019, dibandingkan dengan 286.900 ton pada 2018.

Menurut CIMB Research, B10 akan mampu menurunkan stok CPO di Malaysia ke level yang lebih masuk akal. Stok CPO Malaysia telah meningkat ke level 3,22 juta ton pada Desember, dan angka ini diperkirakan berkurang 5% month-on-month (m-o-m) menjadi 3,04 juta ton pada 31 Januari 2019.

Penurunan stok minyak sawit pada Januari 2019 akan menjadi penurunan bulanan pertama setelah dalam tujuh bulan berturut-turut mengalami peningkatan.

Sentimen positif lainnya bagi harga CPO adalah estimasi peningkatan permintaan dari India tahun ini.

Bloomberg melaporkan bahwa Solvent Extractors’ Association of India telah memproyeksikan impor minyak sawit lebih dari 10 juta ton pada tahun fiskal yang berakhir pada 31 Oktober 2019. Ini berarti lebih tinggi dibandingkan 9,2 juta ton yang diimpor pada tahun sebelumnya.

“Beberapa faktor yang patut dicermati pada Februari adalah progres dari penerapan mandatori B10 di Malaysia dan ekspor minyak sawit ke India seiring pemangkasan bea masuk,” sebut CIMB Research dalam risetnya akhir pekan ini.

CIMB Research mengestimasi ekspor minyak sawit Malaysia tumbuh 12,9% menjadi 1,56 juta ton pada Januari. 

“Pemulihan kinerja ekspor yang melebihi ekspektasi itu mengacu pada meningkatnya permintaan dari negara-negara Uni Eropa,” tulis lembaga riset tersebut.

Namun demikian, di tengah ekspektasi membaiknya harga CPO pada awal tahun ini, ada risiko yang akan dihadapi negara-negara penghasil minyak sawit, yaitu larangan penggunaan minyak sawit untuk biodiesel di sejumlah negara Uni Eropa.

Berita Terbaru