Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Siapkan Lahan Seluas 1 Juta Hektare Untuk Program Food Estate

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 17 Februari 2019 - 12:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan lahan seluas satu juta hektare untuk mengembangkan program food estate.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menilai program pengembangan pertanian melalui food estate termasuk komunitas yang sangat startegis seperti padi organik di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, dan Palangka Raya. Kemudian pengembangan jagung di Kabupaten Barito Utara dan Pulang Pisau.

"Untuk pengembangan ini kita perlu areal produktif seluas 863.287 ha dengan jumlah tenaga kerja mencapai 1,4 juta orang," sebut Gubernur Sugianto, Minggu (17/2/2019).

Untuk mempercepat program tersebut, Gubernur sudah melakukan beberapa langkah. Seperti bertemu dengan menteri terkait serta melakukan inventarisasi dan pemetaan lokasi untuk pengembangan program.

Program ini pun bukan tanpa hambatan. Menurut Gubernur, sejumlah hambatan yang dihadapi yakni masih masuknya lahan seluas 309 ribu hektare ke dalam kawasan Hutan Produksi (HP) dan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK).

"Ini jelas memerlukan terobosan-terobosan khusus atau melalui pola kemitraan dengan pemegang IUPHHK ," tuturnya. (GAZALI/B-3)

Berita Terbaru