Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Lakukan Berbagai Upaya Pencegahan

  • Oleh Andreansyah
  • 19 Februari 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasus demam berdarah dengue ( DBD) beberapa hari terakhir meningkat. Dinas kesehatan (Dinkes) kemudian mengeluarkan berbagai cara untuk mencegah kasus ini semakin banyak.

Salah satu di antara pencegahan itu melalui fogging atau pengasapan. Sayangnya, cara ini juga sering dianggap kurang efektif memberantas nyamuk pembawa virus dengue, yaitu Aedes aegypti. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Jamin Ginting mengatakan, meski sudah dilakukan fogging, sering kali nyamuk-nyamuk itu tidak jera dan masih ada di sekitar rumah.

"Ketidakefektifan fogging menjadi cara pencegahan DBD mungkin berhubungan dengan waktu aktivitas nyamuk yang telah berubah. Nyamuk aegypti menunjukkan bahwa waktu aktivitas pukul 17.00-18.00 WIB," jelasnya. 

Lanjutnya, daerah Kotawaringin Barat dari data yang terhimpun awal Januari kasus DBD tahun 2018 sudah 349 kasus, yang positif DBD 295 orang dan yang meninggal 2duaorang. 

"Kami berharap masyarakat melakukan altarnatif terakhir agar masyarakat tetap selalu menjaga kebersihan terhadap lingkungan di sekitar mereka agar selalu menjaga 5M yaitu menguras, menutup, mengganti, menutup, dan mengubur. Fogging hanya untuk memberantas nyamuk saja. Tapi, tidak sarangnya." ungkapnya ginting. (Andre/B-2) 

Berita Terbaru