Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kaum Ibu Diajak Manfaatkan Pekarangan untuk Tanaman Pangan

  • Oleh Trisno
  • 22 Februari 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Warga desa khususnya kaum ibu rumah tangga diajak memanfaatkan pekarangan untuk tanaman pangan seperti sayur mayur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Murung Raya (Mura) Ferdinan Wijaya menyampaikan itu saat membuka rapat koordinasi percepatan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), kemarin.

Menurut dia, masyarakat di desa banyak pekarangan tidak dimanfaatkan padahal potensial bila dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

“Para ibu rumah tangga menjadi sasaran program KRPL ini, dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam. Sehingga harapannya ibu-ibu tidak perlu lagi membeli sayur dan bisa mandiri pangan mulai dari lingkungan keluarga,” tuturnya.

Karena selama ini, kata Ferdinan, fenomena banyak ibu di desa membeli sayur untuk kebutuhan memasak sehari-hari dari pedagang yang membawa sayur dari Kota bahkan dari luar daerah.

Apabila program ini terlaksana dengan baik nanti fenomena itu akan berbalik, warga kota Puruk Cahu yang datang membeli sayur mayur ke desa.

Tanaman yang akan diarahkan ditanam di antaranya cabai, tomat, terong dan beberapa tanaman lainnya. Tanaman skala kecil namun terpadu tentu bisa meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Dalam rapat tersebut juga menghadirkan para kelompok tani dan penyuluh pertanian untuk bisa mendorong agar program KRPL bisa terlaksa dengan baik di 2019 ini.

Disamping itu, Ferdinan juga menyoroti kasus stunting di Mura menjadi yang terbesar ke tiga di Kalteng. Itu karena anak kurang asupan gizi yang layak dan seimbang. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru