Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sama dengan RI, Malaysia Moratorium Seluruh Perluasan Lahan Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 06 Maret 2019 - 08:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Malaysia berencana menghentikan (moratorium) seluruh perluasan lahan kelapa sawit tahun ini dalam upaya meredam tudingan industri sawit sebagai pemicu deforestasi.

Penghasil minyak sawit terbesar kedua dunia setelah Indonesia itu akan menghentikan perluasan area lahan sawit seluas sekitar 6 juta hektare, kata Menteri Industri Utama Malaysia Teresa Kok dalam sebuah pernyataan resmi belum lama ini.

Proposal moratorium lahan sawit itu akan dibahas di jajaran kabinet pasa Maret ini, dan diharapkan dukungan kerjasama dari sejumlah pemerintah daerah, terkait dengan pemberian izin pengelolaan lahan.

Di saat yang sama, Malaysia akan fokus untuk meningkatkan produktivitas tanaman sawit yang ada sekarang, kata Kok.

Langkah ini seiring dengan upaya sejumlah pelaku industri sawit untuk meredam kampanye negatif terhadap sawit, terutama di Uni Eropa.

Meski sentimen negatif terhadap sawit itu sudah ada selama berpuluh tahun, tapi tekanan terhadap industri yang menjadi andalan penghasil devisa bagi Indonesia dan Malaysia ini semakin meningkat belakangan ini. 

Contohnya, Komisi Uni Eropa bulan lalu mengajukan pasal yang mengklasifikasikan minyak sawit sebagai industri yang tidak berkelanjutan sehingga harus dikecualikan dalam program pengembangan biofuel yang ramah lingkungan. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru