Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim akan Datangkan Tim Arkeologi Gali Sejarah Kerajaan Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Maret 2019 - 14:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), akan mendatangkan tim arkeologi dalam waktu dekat ini. Hal itu dilakukan untuk menggali sejarah kerajaan Sampit.
 
"Mereka akan menggali sejarah kerajaan Sampit, dengan harapan bisa menjawab tentang keberadaan kerajaan Sampit," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Senin (11/3/2019).

Tim akan melakukan penelitian, terutama di wilayah Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Karena di sana terdapat tiang-tiang yang diduga merupakan bekas bangunan kerajaan di daerah ini.

"Mereka akan menggali dan meneliti adanya tiang tersebut. Selain itu juga mencari tahu, asal-muasal nama Sampit, yang hingga saat ini belum bisa dipastikan kebenarannya," kata Supian.
 
Nama Sampit hingga saat ini belum jelas, ada yang mengatakan terdiri dari dua kata yakni Sam dan Pit. Namun Supian mengaku pernah membaca sejarah, Sampit sudah ada sejak zaman Majapahit.

 
Hal itu ditunjukkan dengan cerita kerajaan Majapahit. Dalam cerita terkait dengan resepsi perkawinan anaknya, saat itu datang seorang raja dari Sampit yang membawa upeti. Sehingga hal itulah yang mendasari bahwa ada kerajaan di Sampit ini, yang berdiri sejak zaman Majapahit.

"Namun itu perlu penelitian lagi. Hal itulah kenapa kami mendatangkan tim arkeologi," ungkap Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru