Kesbangpol Harus Siapkan Langkah Antisipasi Jelang Pemilu

  • Oleh Naco
  • 16 Maret 2019 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Timur harus menyiapkan langkah antisipasi, penanggulangan dan peta konflik jelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang.

"Sebentar lagi pemilihan umum dilaksanakan. Kesbangpol salah satu instansi pemerintah harus mengantisipasi gesekan dan konflik di masyarakat," kata anggota Komisi I DPRD Kotim Syahbana, Sabtu (16/3/2019).

Menurut Syahbana, khusus untuk daerah yang rawan konflik ini berada di daerah kebun kelapa sawit. Dari itu, di samping kurang termonitor juga,  partisipasi dari setiap perkebunan juga harus turut serta untuk menekan adanya konflik tersebut.

Syahbana menuturkan, konflik yang masih terjadi di daerah ini dari dulu bahkan hingga saat ini akibat permasalahan di sektor pertanahan.

Menurut dia, banyak sengketa lahan yang mewarnai konflik selama ini baik itu antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan perkebunan maupun perkebunan dengan pihak perkebunan.

Menurut dia, jika semua persoalan itu mencuat maka ini menjadi kekhawatiran. Sebab dari beberapa contoh sebelumnya, penyerangan masa kepada perusahaan cukup menggegerkan publik, bahkan bisa menyebabkan korban jiwa.

"Inilah yang saya katakan pentingnya pemetaan tersebut agar antisipasi itu terus dilakukan karena yang kita lihat rawan terjadi konflik dan memunculkan polemik itu ada di permasalahan sengketa lahan ini," pungkas politisi Partai Nasdem itu. (NACO/B-2)

Berita Terbaru