Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Lamandau Paparkan Festival Babukung di Kementerian Pariwisata RI

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 Maret 2019 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Bupati Lamandau Riko Purwanto menyampaikan paparan Festival Babukung 2019 di pada press conference calender of event Kalimantan Tengah di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Wabup Lamandau menjelaskan, Festival Babukung diadopsi dari ritual adat budaya yang ada di Lamandau. Tepatnya diadopsi dari salah satu tradisi Suku Dayak yang memiliki makna sebagai penghiburan bagi keluarga yang sanak saudaranya meninggal dunia.

Dalam prakteknya tradisi ini menampilkan topeng dengan karakter hewan tertentu yang disebut luha. Kemudian diiringi musik tradisional untuk menari menghibur keluarga duka.

"Dalam Festival Babukung ritual tersebut hanya diambil intisari yang bernilai seni estetika budayanya. Sehingga, tidak bertentangan dengan ajaran atau keyakinan apapun," kata Riko Purwanto

Dia menjelaskan, di Kabupaten Lamandau, Festival Babukung sudah menjadi agenda tahunan yang sudah dimulai sejak 2014 lalu.

Bahkan, festival Babukung juga pernah menjadi penampilan tari topeng tradisional serentak terbanyak yang diakui Museum Rekor Dunia Indoneaia (MURI) di 2015 lalu. 

Di hadapan Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata RI, Wabup Lamandau juga memastikan di tahun 2019 ini Festival Babukung akan kembali digelar. Terlebih kegiatan ini sudah masuk pada kalender even pariwisata nasional yang ditetapkan Kemenpar RI pada Desember 2018 lalu.

"Kami berjanji penyelenggaraan Festival Babukung tahun ini akan jauh lebih menarik lagi, ada kejutan-kejutan baru dalam even ini termasuk di dalamnya akan kita adakan karnaval topeng, babukung big sale, workshop pembuatan bukung, dan lomba fotografi," tukasnya. 

Diketahui, dalam press conference calender event Kalimantan Tengah itu dihadiri Deputi Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata RI, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalteng dan sejumlah pihak lainnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru