Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Kotim Capai Rp 179 Miliar di Triwulan Pertama

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Maret 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bersama Balai Karantina Pertanian menggelar pelepasan ekspor komoditas pertanian senilai Rp 179 miliar, Kamis (21/3/2019).

"Ekspor pertanian berupa karet lempengan, palm kernel expeller, dan juga palm karnel olein. Dengan nilai ekspor mencapai Rp 179 miliar," kata Kabid Karantina Tumbuhan Non Benih Pusat Karantina Tumbuhan Badan Karantina Pertanian, Turhadi Noerachman, Kamis (21/3/2019). 

Adapun jumlah komoditas pertanian yang diekspor tersebut yakni karet lempengan sebanyak 522 ton senilai Rp 9 miliar, palm kernel expeller berjumlah 8.308,38 ton senilai Rp 36 miliar, dan 19.000 ton palm kernel olein senilai Rp 134 miliar. 

Komoditas pertanian tersebut berasal dari enam perusahaan perkebunan di Kotim. Dan semuanya akan diberangkatkan menuju sejumlah negara, seperti Tiongkok, Vietnam, Malaysia, Jerman, Finlandia, Jepang, dan Amerika Serikat. 

"Kegiatan ini juga terkait dengan Program Agro Gemilang. Dan aktivitasnya mendorong peningkatan frekuensi ekspor di setiap daerah termasuk Kotim," kata Turhadi. 

Dia berharap, ke depan semakin banyak komoditas pertanian yang bisa diekspor. Tidak hanya sebatas pertanian kelapa sawit dan karet.

Apalagi, di Kotim masih banyak komoditas yang bisa dikembangkan dan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi pelaku usaha dan juga daerah. 

"Mudah-mudahan ini dapat memacu pihak lainnya, agar bisa meningkatkan komoditas mereka hingga bisa diekspor ke luar negeri," kata Turhadi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru