Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Apresiasi PBS Terus Tingkatkan Potensi Ekspor dari Hasil Komoditas Pertanian

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Maret 2019 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengapresiasi terhadap para perusahaan besar swasta (PBS) yang terus berupaya meningkatkan potensi ekspor komoditas pertanian dan perkebunan.

"Kami mengapresiasi terhadap PBS yang terus menggalakan ekspor hasil pertanian dan perkebunan," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, usai melepas ekspor komoditas pertanian bersama Badan Karantina Pertanian, Kamis (21/3/2019).

Pada Kamis, Badan Karantina Pertanian bersama Pemkab Kotim melepas ekspor pertanian berupa karet lempengan, palm kernel expeller, dan palm kernel olein. Dengan nilai total ekspor mencapai Rp179 miliar.

Jumlah nilai ekspor yang cukup besar ini diharapkan dapat membangkitkan dan menjadi pemicu semangat bagi kalangan perusahaan dan pengusaha untuk menjadikan komuditas pertanian dan perkebunan lainnya diekspor ke luar negeri, sehingga penghasilan yang di dapatpun sangat tinggi.

"Ini harus jadi pemicu semangat bagi yang lain. Dan saya harap kedepannya ada komuditas lain dari Kotim yang bisa diekspor ke luar negeri," ungkapnya.

Saat ini masih banyak komoditas lain yang bisa dikembangkan dan diolah hingga bisa diekspor ke luar negeri.

Seperti buah naga, sarang burung walet, durian asli daerah ini, dan bahkan rotan sekalipun. Sehingga bisa meningkan perekonomian masyarakat di Kotim ini sendiri. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru