Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Sawit di Kotawaringin Barat Merangkak Naik

  • Oleh Andreansyah
  • 25 Maret 2019 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai merangkat naik. Bahkan saat ini harganya sudah Rp 1.200 per kilogram.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar Kamaludin mengatakan, penaikan itu terjadi sejak Februari lalu, Sebelumnya, harga tbs kelapa sawit sempat anjlok hingga Rp 600 per kilogram.

Turunnya harga TBS kelapa sawit tersebut dipengaruhi pergerakan harga CPO dunia. Saat itu, petani sempat resah. 

"Harga sawit yang naik turun itu wajar. Tiga bulan lalu harganya anjlok, tapi sejak Februari - Maret ini, harganya terus meningkat," kata Kamaludin, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan, harga TBS kelapa sawit per awal Februari lalu sekitar Rp 900 per kilogram. Kemudian masuk bulan Maret 2019 ini sudah menyentuh Rp 1.150 per kilogramnya.

"Untuk update sampai terakhir, infonya sudah lebih dari Rp 1.200 per kilogramnya. Kami harap bisa terus naik lagi harga TBS," kata dia.

Harga TBS kelapa sawit di Kotawaringin Barat pernah tembus di angka Rp 1.700 per kilogram.

"Jika harganya terus naik, petani kelapa sawit tentu senang. Kita berharap harganya bisa stabil di angka Rp 1.500 per kilogram," jelasnya.

Komoditas perkebunan kelapa sawit ini menjadi unggulan di Kotawaringin Barat. Sehingga, harganya juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat. (ANDREANSYAH/B-11)

Berita Terbaru