Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lintas Sektor di Kecamatan Tewah Edukasi Masyarakat Terkait TBC

  • Oleh Magang 1
  • 26 Maret 2019 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia yang jatuh pada 24 Maret lalu, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tewah bersama Pemerintah Kecamatan Tewah dan lainnya melakukan edukasi masyarakat terkait penyakit TBC.

“Kami bekerjasama dengan lintas sektor yang ada di Kecamatan Tewah dalam mengedukasi masyarakat, bahwa TBC dapat disembuhkan dan bukan penyakit kutukan atau keturunan,” kata Kepala Puskesmas Tewah, Heny Erlina, Selasa (26/3/2019).

Dia menjelaskan, edukasi dilakukan dengan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, serta membagikan leaflet. Masyarakat yang disasar beragam, mulai dari masyarakat umum hingga kalangan pelajar.

Adanya edukasi ini diharap dapat membuat masyarakat di Kecamatan Tewah untuk memeriksakan kesehatannya ke instansi kesehatan, yang tujuannya adalah untuk menekan penyebaran TBC, khususnya di wilayah Kecamatan Tewah.

“Pada tahun 2018 lalu, ada delapan kasus TBC di wilayah Kecamatan Tewah yang sudah terobati. Namun tidak menutup kemungkinan masih ada kasus TBC yang tidak terdeteksi,” cetusnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pelacakan terhadap dugaan penderita TBC, berupa kegiatan turun langsung ke lapangan. Di lapangan nantinya petugas akan memberikan pot dahak, jika terindikasi TBC.

Melalui edukasi tersebut, masyarakat juga diajak untuk melakukan etika batuk dan bersin yakni memalingkan muka, menutup mulut dengan saputangan, serta menggunakan masker atau tisu.

“Yang tak kalah penting adalah masyarakat kami minta agar jangan meludah sembarangan, mencuci tangan menggunakan sabun serta membilas dengan air bersih,” pesan Heny. (MAGANG 1/m)

Berita Terbaru