Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Andalan Kalteng Bisa Dipadukan dalam Sapta Pesona

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Maret 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan mengatakan, hingga saat ini sektor pertambangan menjadi penyumbang pemasukan daerah terbesar di Bumi Tambun Bungai.

"Sektor andalan Kalteng saat ini memang berada dalam sektor tambang. Akan tetapi, sektor pariwisata ternyata adalah penyumbang produk domestik bruto, devisa, dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah," kata Guntur.

Ia menyampaikan pernyataan itu saat memberikan paparan dalam kegiatan Diseminasi Kajian Ekonomi Keuangan Regional Kalimantan Tengah yang dilaksanakan Bank Indonesia di Swissbell Hotel Danum, Palangka Raya, Rabu (27/3/2019).

Memang kali ini ada yang berbeda dari kegiatan diseminasi yang dilakukan Bank Indonesia. Jika biasanya pembicaranya lebih menekankan pada sektor ekonomi, kali ini dikaitkan secara langsung dengan sektor pariwisata.

"Kita padukan kekayaan alam kita, tambang dan sebagainya, dengan Sapta Pesona. Kalau kita bersaing di bidang pantai atau danau mungkin kita harus bekerja keras, tapi kalau kita bersaing di agrowisata, kita punya Taman Nasional (TN) Sabangau dan TN Tanjung Puting yang telah dikenal dunia," tutur Guntur lagi.

Sementara itu, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, Setian mewakili Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Wuryanto mengatakan bahwa kajian ekonomi ini merupakan periode Februari 2019.

"Kajian ini disusun sebagai upaya Kantor BI dalam memberikan informasi terkait perkembangan ekonomi, moneter, perbankkan, sistem pembayaran, keuangan daerah, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat di Kalteng, baik untuk stakeholder internal BI maupun eksternal," kata Setian. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru