Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arsip Merupakan Salah Satu Alat Komunikasi Kedinasan

  • Oleh Uriutu
  • 02 April 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok– Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Barito Selatan Hidayaturrahman, menyebutkan kearsipan atau arsip merupakan salah satu alat komunikasi kedinasan.

Ia mengatakan, menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dengan membangun birokrasi yang baik, efisien, efektif dan produktif, lalu birokrasi yang transparan dan akuntabel, tidak bisa dilepaskan dari tata kelola kearsipan  yang baik.

“Kearsipan juga merupakan salah satu alat komunikasi kedinasaan, referensi merumus kebijakan, dan alat bukti akuntabilitas penyelenggaraan negara yang dapat dipertanggungjawabkan,” kata Hidayaturrahman, Selasa (2/4/2019).

Ia pun meminta kepada semua pemangku kepentingan meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya arsip untuk kelancaran tugas adminitrasi. Karena saat ini masih belum optimal.

Selain itu, lanjut dia, pola pikir persepsi dan pemahaman tentang arsip masih belum tepat. Karena saat ini arsip masih dipahami hanya sebagai catatan sejarah. Serta belum dipahami sebagai bukti pertanggungjawaban. Sehingga perhatian terhadap arsip kurang memadai.

“Pengelolaan dan pemeliharaan arsip merupakan tanggungjawab yang diembankan untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan SDM dibidang kearsipan,” jelas dia.

Ia menambahkan, ada empat pilar pendukung dalam penyelenggaraan kearsipan yang harus dimiliki. Empat pilar tersebut yakni, Tata Naskah Dinas (TND), Klasifikasi Arsip, sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis dan jadwal retensi arsip.

“Hal itu sesuai dengan amanat UU No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Pada Pasal 40, Ayat 4, disebutkan  pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien bagi pencipta arsip,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru