Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMD Gunung Mas Gelar Rapat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

  • Oleh Magang 1
  • 09 April 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat koordinasi (rakor) satuan kerja (satker) program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD), di Aula BP3D setempat, Selasa (9/4/2019).

“Rakor ini sangat strategis untuk merumuskan dan menyamakan persepsi, serta fasilitasi pada pemerintah desa,” kata Sekda Gumas Yansiterson saat membuka kegiatan.

Hal itu seperti diamanatkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang diatur dalam Permendes Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Kewenangan Desa berdasarkan hak asal usul, kewenangan lokal berskala desa serta kewenangan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.

Untuk memastikan perencanaan yang baik, pemerintah pusat menyediakan tenaga pendamping lokal desa yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan ditugaskan untuk membina, memfasilitasi pemerintah desa, serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah desa.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Gumas Yulius Agau mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 70 orang, yaitu Camat se Kabupapten Gumas, tenaga ahli P3MD, pendamping desa, pendamping lokal desa, dan perangkat daerah terkait.

“Kegiatan rakor satker P3MD ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 9 dan 10 April 2019, di Aula BP3D Kabupaten Gung Mas,” tandasnya. (MAGANG 1/B-5)

Berita Terbaru