Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Banjir, Warga Anjir Serapat Diajak Gotong Royong Bersikan Sungai

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 April 2019 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Jajaran Kodim 1011/Kuala Kapuas melalui Babinsa mengajak warga Desa Anjir Serapat Barat, Kecamatan Kapuas Timur, bergotong royong bersihkan aliran suangai. Tujuannya untuk mengantisipasi banjir seiring turnnya hujan selama beberapa hari terakhir.

Komandan Kodim 1011/Kuala Kapuas Letnan Kolonel Kav Bambang Kristianto Bawono mengatakan, sosialisasi bahaya banjir dan dampak setelahnya yang dilakukan Babinsa Anjir Serapat, merupakan bentuk pencegahan dini. 

Agar masyarakat menata lingkungan dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Sehingga terwujud lingkungan yang strategis dan terhindar dari gangguan bencana banjir.

"Selain menjaga lingkungan aliran sungai, masyarakat agar mewaspadai aliran sungai yang tidak termonitor bila mengalami gangguan longsor, seperti pada bagian dinding sungai," ucap Letkol Kav Bambang dalam rilisnya yang diterima Borneonews, Jumat (26/4/2019).

Untuk itu, menurut Dandim, masyarakat pada musim penghujan seperti saat ini perlu kiranya melakukan pengawasan handil yang ada di desa. Supaya dapat mengambil langkah penanganan bila mengalami kerusakan atau longsor.

"Hindari berjalan di dekat saluran air demi menghindari terseret arus banjir. Jika air terus meninggi, hubungi instansi yang terkait dengan penanggulangan bencana seperti kepala desa, lurah, atau camat," katanya.

Selain itu, bila ancaman bencana dimungkinkan terjadi, langkah antisipasi harus disiapkan. "Seperti, bahan makanan siap saji, makanan dan susu untuk anak balita, serta persediaan air bersih," ujarnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru