Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengoperasian Pelabuhan Pelangsian Diharap Tingkatkan Pendapatan Daerah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Mei 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berharap, pengoperasian Pelabuhan Pelangsian nanti diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD. 

"Jika nantinya Pelabuhan Sampit beroperasi, kami berharap bisa lebih meningkatkan PAD," ujar Sekda Kotim Halikinnor, kepada Borneonews.co.id, Jumat, 3 Mei 2019. 

Namun untuk pengoperasian tersebut hingga saat ini belum bisa dilakukan. Karena belum ada kesepakatan antara pemerintah daerah dengan PT Pelindo III. 

Apalagi hal tersebut bukan hanya menjadi kewenangan pemerintah daerah, namun juga kewenangan instansi vertikal yakni PT Pelindo III. 

"Kami akan terus berupaya agar hal itu bisa terealisasi, sehingga nantinya akan menambah PAD baru untuk Kotim," kata Halikinnor. 

Sementara, Pelabuhan Pelangsian sendiri sudah dibangun sejak 2015 lalu. Yang dilakukan menggunakan dana sharing antara pemerintah Kotim dan juga Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Namun hingga saat ini, pelabuhan tersebut belum juga diaktifkan atau digunakan. Dan hanya sebagai tempat untuk tambat perahu kelotok saat di halaman depan pelabuhan tersebut ada pasar. 

"Kalau Pelabuhan Pelangsian itu beroperasi, nantinya juga akan memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian masyarakat di Desa Pelangsian tersebut," ungkap Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru