Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Langkah BPBD Kapuas Antisipasi Dini Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Mei 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas mulai melakukan langkah antisipasi dini terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, hal itu dilatarbelakangi semakin mendekatnya musim kemarau pada Juni 2019 nanti. 

"Keseapsiagaan kita lakukan untuk mencegah sedini mungkin munculnya karhutla seperti dengan patroli oleh TRC, sosialisasi kepada masyarakat di kecamatan, dan memantau kondisi alam," kata Sinaga, Sabtu, 11 Mei 2019.

BPBD juga rutin melakukan pengecekan langsung munculnya hotspot yang terpantau dari satelit sembari menunggu informasi dari BMKG.

"Kalau sudah berulang-ulang hotspot dalam satu hari selama seminggu, baru kita mengambil kesimpulan dalam menaikan status siaga karhutla. Saat ini masih kita pantau terus," katanya.

BPBD juga merencanakan menyampaikan kesepakatan rapat koordinasi di pemerintah provinsi beberapa waktu lalu terkait karhutla ke pemerintah daerah. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru