Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibu Hamil Boleh Berpuasa

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Mei 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ibu hamil dan menyusui memang termasuk dalam salah satu yang diperbolehkan tidak berpuasa. Lalu apakah ibu hamil boleh berpuasa dan dampak puasa dengan kondisi kandunganya Berikut penjelasan medisnya.

Kabid Pelayanan Medik RSUD Sultan Imanuddin, dr Emma mengatakan, Ibu hamil boleh untuk berpuasa di bulan ramadan. Syaratnya, harus sehat dan cukup kuat.

"Jadi untuk ibu hamil labih baik konsultasi kepada dokter terlebih dahulu jika ingin menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Jika memang kondisinya sehat dan kondisi kandungannya baik, maka boleh saja untuk berpuasa. 

Terkait itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan buah hati yang ada dalam kandungan, perlu mengonsumsi makanan yang bergizi saat berbuka puasa atau sahur.

Hal itu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin, dengan mangatur komposisi makanan saat berbuka dan sahur, minum air putih yang cukup, dan kurangi minum selain air putih, serta istirahat yang cukup.

"Atau siasati dengan banyak ngemil di malam hari, makan buah atau makanan yang banyak mengandung gizi, minum susu untuk nutrisi janin," jelasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru