Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Materi Penguatan Pendidikan Karakter SMAN 4 Palangka Raya Ajarkan Tata Cara Ibadah

  • 17 Mei 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilakukan SMAN 4 Palangka Raya salah satunya menitik beratkan pada tatacara dalam beribadah.

Kepala SMAN 4 Palangka Raya, Yeni Hayati mengatakan dalam PPK tersebut dilakukan sesuai dengan keyakinan tiap siswa. Bagi siswa yang beragama Islam, selain ibadah berjamaah yang diajarkan, mereka juga diikutkan dalam pesantren kilat.

Selain itu, bagi siswa yang beragama Hindu, mereka diajarkan tentang bagaimana tatacara memimpin kegiatan keagamaan, kemudian siswa juga diajarkan bagaimana  menyampaikan renungan.

Tata ibadah Hindu yang diberikan oleh para guru disesuaikan dengan tata ibadah Hindu Kaharingan.

Untuk Kristen Katolik dan Protestan juga dilakukan dengan sesuai kepercayaan masing-masing. Bagi siswa beragama protestan, mereka diajarkan bagaimana liturgis yang bagus untuk memimpin sebuah ibadah. Selain itu juga para siswa diberikan kesempatan untuk membawakan renungan.

"Semua kegiatan ini dilakukan di sekolah. Karena masing-masing tempatnya sudah kami sediakan, untuk yang islam sekolah sudah punya musholah. Untuk Kristen baim Katholik ataupun Protestan, karena belum punya gereja, kami siapkan Lab. IPA, untuk hindu sementara ini kami tempatkan di ruang kelas," ujar Yeni.

Selain itu, Pihak sekolah juga membaskan para pengelola PPK untuk memilih pengajar kepada para siswa termasuk mengundang pihak luar.

"Pengajarnya kami bebaskan kepada para pengelola. Misalnya mau menghadirkan Imam atau pun pendeta dari luar," tandasnya. (AGUS PRIYONO/B-6)

Berita Terbaru