Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 4 Palangka Raya Bentuk Tiga Basis Penguatan Pendidikan Karakter

  • 17 Mei 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala SMAN 4 Palangka Raya, Yeni Hayati membentuk tiga basis sebagai salah satu cara dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) siswa.

Yeni mengatakan, ketiga basis PPK yang dibentuk di antaranya berbasis masyarakat, berbasis budaya sekolah, dan berasis kelas.

"Kemarin kami guru-guru di sini ada mengikuti pelatihan dari Kementerian Pendidikan, dan dari pelatihan itu dibentuk tiga basis PPK ini," ujar Yeni kepada Borneonews, Jumat, 17 Mei 2019.

Ia mengungkapkan, PPK berbasis masyarakat akan melibatkan masyarakat sekitar dalam kegaiatan sosial. Baik membantu masyarakat maupun membantu sekolah.

"Basis masyarakat ini lebih ke gotong royong. Semisal ada wali murid yang meninggal dunia, tentu sebagai rasa bela sungkawa dengan mengumpulkan sumbangan sukarela," ujar Yeni.

Kemudian, PPK berbasis budaya sekolah, yang diterapkan berupa kegiatan keagaaman di lingkungan sekolah seperti yang sedang dilaksanakan saat ini berupa pesantren kilat dan kegiatan keagamaan lainnya.

Sedangkan PPK berbasis kelas nantinya akan diimplementasikan dalam kegaiatan belajar mengajar di dalam kelas. "Kami ingin PPK ini jangan hanya ada pada waktu tertentu, tapi terus berkelanjutan," tegas Yeni. (AGUS PRIYONO/B-3)

Berita Terbaru