Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov dan Bappenas akan Lakukan Kajian Pemindahan Ibukota ke Kalimantan Tengah

  • 26 Mei 2019 - 11:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan melakukan pengkajian lebih lanjut dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait pemindahan ibukota pemerintahan Republik Indonesia ke Kalimantan Tengah.

Pengkajian mendalam ini berupa hal apa saja yang yang harus disiapkan Pemrov Kalteng seandainya wilayahnya terpilih menjadi ibukota pemerintahan.

Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan pembahasan penetapan ibukota akan dilakukan dalam waktu dekat, namun setelah penetapan dari presiden.

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan pengkajian dengan Bappenas, apa yang harus disiapkan berkenaan dengan Kalteng menjadi ibukota. Tentutnya penetapan ibukota dilakukan dalam waktu dekat, setelah penetapan presiden dan setelah adanya RPJMN. Karena itu bisa menjadi pedoman dalam melaksanakan pemerintahan 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Dengan isu strategis yakni pemindahan ibukota tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai upaya untuk bagi Pemprov untuk bisa mensejahterakan wilayah Kalimantan Tengah ke depannya.

“Kalau ibukota sudah ditetapkan tentu kemungkinan semua lembaga pusat akan membantu membiayai persiapan daripada pemindahan ibukota. Tentu saja Kalteng sebagai salah satu opsinya, akan kami upayakan dan nantinya bisa mensejahterakan Kalimantan Tengah,” tandasnya. (AGUS/ADV/B-6)

Berita Terbaru