Pastikan Rumah Ditinggal Mudik Lebaran Dalam Kondisi Aman

  • Oleh Reno
  • 26 Mei 2019 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Warga Kabupaten Seruyan yang melaksanakan tradisi mudik lebaran diminta tetap memastikan rumah yang ditinggal dalam kondisi aman.

Terlebih melakukan pengecekan dan memastikan seluruh pintu dan jendela terkunci rapat, sehingga tidak ada celah kesempatan pelaku kejahatan memasuki rumah yang kondisi kosong ketika ditinggal mudik lebaran.

"Kita mengimbau masyarakat agar memastikan rumah dalam kondisi aman ketika di tinggal mudik lebaran," kata Kapolres Seruyan AKBP Ramon Z Ginting, di Kuala Pembuang, Minggu 23 Mei 2019.

Menurut Ramon, setidaknya sebelum berpergian pemilik rumah melaporkan kepada aparat kepolisian atau Bhabinkamtibas yang bertugas bahwa rumahnya ditinggal mudik lebaran dalam kondisi kosong.

"Kapan perlu kuncinya bisa dititipkan kepada anggota kita yang bertugas sehingga mereka bisa melakukan pengecekan suatu ketika, untuk memastikan rumah dalam kondisi aman," jelas Kapolres.

Kalaupun belum sempat menitipkan kunci rumah kepada petugas kepolisian terdekat, lanjutn Kapolres pemilik rumah harus memastikan supaya arus pendek listrik di rumah harus kondisi aman.

"Jangan sampai meninggalkan rumah, kabel dan sebagainya dalam kondisi on di dalam rumah. Pastikan keamanan dari bahaya kebakaran arus pendek listrik," terang Kapolres. (RENO/B-5)

Berita Terbaru