Penyebab Keracunan Massal Diduga dari Proses Pengolahan Makanan

  • Oleh Agus Priyono
  • 26 Mei 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah bahwa kasus keracunan massal yang terjadi di Kabupaten Kapuas terjadi diduga akibat kontaminasi bahan kimia saat melakukan pengolahan makanan.

"Jadi kami masih menduga-duga, karena ini daerah basis pertanian. Bisa jadi terkontaminasi zat kimianya itu saat penyimpanan gabahnya, berasnya, atau saat pengolahan makanannya," Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, Minggu, 26 Mei 2019.

Ia menambahkan, pihaknya sudah menegerahkan tim surveillance untuk melakukan penelitian dengan mengambil sampel yang ada untuk mengetahui penyebab keracunan yang terjadi di Kapuas tersebut.

Ia menambahkan, di tahun 2018, keracunan juga terjadi di Kapuas. Dengan hasil penelitian yang berhasil didapat jika penyebab keracunan itu karena adanya mikroorganisme yang ada di dalam makanan.

"Kami akan melakukan penyuluhan, karena sebagus apapun kita melakukan penelitian tapi jika dalam pengolahan makanan itu tidak higenis, tidak mengindahkan kebersihan, tentu akan terjadi kembali," pungkasnya. (AGUS/B-5)

Berita Terbaru