Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemudik Gunakan Transportasi Air Membludak

  • Oleh Ramadani
  • 04 Juni 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Transportasi air seperti kapal, kelotok, dan sejenisnya masih banyak diminati warga Kabupaten Barito Utara, khususnya di momen mudik Lebaran.

Hal itu terlihat dari membludaknya jumlah pemudik di Pelabuhan Muara Teweh pada Selasa, 4 Juni 2019.

Selama beberapa hari terakhir atau menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, jumlah pemudik yang menggunakan jasa kapal penumpang di Pelabuhan Muara Teweh memang terus meningkat.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara Iwan Fikri melalui Kepala UPTD Dermaga Muhammad Nurdin, jumlah pengguna jasa transportasi air di Dermaga Muara Teweh dalam dua hari terakhir mencapai ratusan orang.

“Paling banyak pemudik menggunakan kapal penumpang jurusan Muara Teweh – Buntok - Banjarmasin, yang seharinya mencapai 30 orang hingga 70 orang,” tuturnya, Selasa, 4 Juni 2019.

Disampaikannya pula bahwa pihaknya selalu memeriksa kondisi serta kelengkapan kapal setiap kali akan melakukan perjalanan. Selain itu, dia juga mengimbau pemudik agar mematuhi aturan dalam bertransportassi sungai. Supaya terhdindar dari bahaya atau hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kepada pemilik atau nahkoda kapal diminta tidak mengangkut penumpang atau barang yang berlebihan serta menyediakan pelampung atau alat keselamatan lainnya.

Nurdin berharap, arus mudik tahun ini berjalan aman, nyaman, dan tidak terjadi sesuatu yang dapat merugikan penumpang, nahkoda, maupun pemilik kapal, seperti kecelakaan dan sebagainya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru