Program Dinas Sosial Harus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 10 Juni 2019 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kalangan legislator Barito Timur mendorong agar program pemerintah melalui Dinas Sosial, agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami terus mendorong pemkab untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang telah ada," kata Ketua Komisi III DPRD Barito Timur, Depe, Senin, 10 Juni 2019 .

Hal itu terkait dengan kunjungan DPRD Bartim ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Di sana, program kesejahteraan masyarakat menjadi perhatian khusus.

"Di Kalimantan Selatan, dulu anggaran hanya Rp 7 miliar. Kini sudah menjadi 32 miliar yang diprioritaskan untuk kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Program-program sosial kemasyarakatan memang berdampak besar terhadap kesejahteraan. Di antaranya dalam penanganan orang terlantar, PSK, pemberdayaan UMKM, maupun perhatian terhadap adat misalkan komunitas adat terpencil.

"Di Kalsel, perhatian yang diberikan bidang kesejahteraan fokus menjadi satu kesatuan yang ditangani langsung dinas sosial. Kita juga mengharapkan hal tersebut bisa menjadi alternatif untuk dicontoh di Barito Timur," kata Depe.

Depe mengatakan, hingga saat ini Bartim masih sangat terbatas untuk menangani urusan sosial. Lantaran terbentur dengan kemampuan anggaran.

"Tapi itu bisa diatasi dengan keaktifan daerah mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat. Peluang itu ada," pungkansya. (PRAS/B-11)

Berita Terbaru