Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Berpartisipasi Pecahkan Rekor MURI Bakar Jagung

  • Oleh Ramadani
  • 16 Juni 2019 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Pemerintah Kabupaten Barito Utara turut berpartisipasi dalam pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, di Kota Palangka Raya, dalam gita bakar jagung terbanyak yakni 62.000 tongkol.

Lokasi kegiatan dipusatkan di Bundaran Besar, Palangka Raya, Minggu, 16 Juni 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkab Barito Utara berpartisipasi dengan mengikutsertakan stan bernomor 32.

Dalam kegiatan tersebut, Kabupaten Barito Utara juga menerima penghargaan juara terbaik I lomba stan jagung bakar.

Bupati Barito Utara Nadalsyah sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penghargaan Muri yang diterima Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Sekda Jainal Abidin dan Kepala Dinas Pertanian Setia Budi menuturkan, Barito Utara merupakan pemasok terbesar jagung dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Selatan.

“Jagung merupakan salah satu komoditas unggulan yang dimiliki Barito Utara. Bahkan, jagung menjadi salah satu alternatif tanaman yang dikembangkan untuk di sela-sela turunnya harga komoditas karet. Sehingga, masyarakat banyak yang mencoba untuk mengembangkan jagung,” ungkap Nadalsyah.

Diterangkan Nadalsyah, jagung merupakan salah satu komoditas yang menjadi solusi dari turunnya harga karet yang kian drastis. Bupati yang akrab disapa Koyem ini menyebut, awalnya lahan yang ditanami jagung hanya 5.000 hektare.

“Namun, seiring turunnya harga komoditi karet, kami harus mencari solusi agar perekonomian warga kembali pulih. Ternyata, setelah ditelusuri oleh dinas terkait, jagung merupakan komoditas yang cocok,” imbuh Nadalsyah.

Sekarang, Barito Utara memiliki lahan jagung seluas 16.000 hektare. Sedangkan pada 2019 ini, Barito Utara menambah luasan laha hingga total mencapai 32.000 hektare.

Berita Terbaru