Ribuan Masyarakat Hadiri Haul Pertama Guru KH Muhammad Asri bin H Ounder

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Juni 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Haul pertama guru KH Muhammad Asri bin H Ounder, yang merupakan seorang ulama besar di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dihadiri ribuan masyarakat. Baik yang berasal dari Kotim, maupun dari luar daerah.

Banyaknya masyarakat yang datang disebabkan almarhum merupakan seorang guru dan ulama besar. Yang menjadi banyak panutan, baik orang biasa maupun para tokoh, untuk meminta masukan dan bimbingan. 

Seperti yang diungkapkan Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri saat menyampaikan sambutan pada haul akbar tersebut. Wakil Bupati mengatakan, almarhum adalah guru bagi banyak orang. Karena banyak masyarakat di Kotim dan juga dari luar daerah yang berguru dan meminta pendapat. 

"Kami sebagai kepala daerah juga sering meminta pendapat almarhum. Karena ulama adalah panutan dan guru bagi kami semua untuk membangun Kotim ini," ujar Taufiq, Minggu, 16 Juni 2019. 

Sementara, perwakilan panitia penyelenggara haul mengatakan, masyarakat yang hadir kemungkinan lebih dari 6.000 orang. Karena nasi yang mereka siapkan sebanyak 6.000 bungkus habis dibagikan kepada para jamaah.

Sedangkan lokasi haul tersebut berada tepat di makam almarhum Guru Asri. Yang berlokasi di Kecamatan Pulau Hanaut. Sehingga ribuan jamaah harus menyeberangi Sungai Mentaya dari dermaga di pasar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. 

Para jamaah bahkan harus antre untuk menaiki kelotok yang digunakan untuk transportasi ke lokasi acara. Bahkan beberapa jamaah sudah ada di lokasi sejak pagi hari. Meskipun acara baru dimulai pada pukul 24.00 WIB. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru