Pemdes Mampuak I Bangun Pasar Desa

  • Oleh Ramadani
  • 18 Juni 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Animo para pedagang pasar mingguan yang berjualan di Desa Mampuak I, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara yang sangat besar menarik perhatian pihak Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. 

Pasalnya pada lokasi pasar mingguan tersebut tidak ada bangunan pasar yang representatif pasca kebakaran beberapa tahun lalu.

Kepala Desa (Kades) Mampuak I, Bobby melalui Sekretris Desa (Sekdes) Jemain, Selasa 18 Juni 2019 mengatakan, pembangunan pasar desa ini dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 yang sumbernya dari dana desa (DD) dengan ukuran 8 x 12 meter. Pembangunan pasar desa itu untuk menghidupkan perekonomian masyarakat desa.

"Dengan adanya pembangunan pasar desa ini hasilnya lumayan untuk memberi kontribusi pendapatan asli desa yang dipungut setiap Senin sore. Pendapatan bersih setiap pasar bisa mencapai Rp 150 ribu dan total pendapatan per bulannya mencapai Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu yang dimasukan ke kas desa," kata Jemain didampingi Kaur Sosial Yuliani Kristin.

Menurutnya, pembangunan pasar desa ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 120 juta lebih. Pada 2019 ini, pasar desa ini mendapat bantuan dari pemerintah daerah yaitu Disperindagsar dengan anggaran sebesar Rp 1,7 miliar guna memperluas dan memperbesar bangunan pasarnya.

Sedangkan penggunaanya serta pengelolaannya dari hasil diskusi yang dilakukan akan diserahkan kepada pihak desa. Hasilnya pun sepenuhnya untuk pendapatan asli desa. 

"Lokasi pasar ini menjadi representatif. Karena satu-satunya pasar yang paling ramai dan banyak pengunjungnya dari beberapa desa sekitar yakni Mampuak I, Mampuak II, Desa Liju, Desa Jamut bahkan warga Datan yang masuk Desa Sampirang II," pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru