Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketinggian Banjir di Kecamatan Bukti Santuai Capai 1,5 Meter 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Juni 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketinggian banjir yang melanda 7 desa di Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), rata-rata mencapai 150 cm, atau 1,5 meter dari permukaan tanah. 

"Dibit air naik rata-rata mencapai 150 cm, sehingga hampir semua rumah warga yang terendam banjir sudah masuk air," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Yephi Hartady, Rabu, 19 Juni 2019. 

7 desa yang dilanda banjir tersebut yakni Desa Tewaihara, Tumbang Getas, Tumbang Sapia, Tumbang Torung, Desa Lunuk Bagantung, Desa Tumbang Batu, dan Desa Tumbang Penyahuan.

Pada musibah banjir tersebut setidaknya ada 332 kepala keluarga dari 7 desa yang menjadi korban banjir. 

"Rata-rata banjir hingga masuk ke dalam rumah warga, karena ketinggian mencapai 150 cm," katanya. 

Air yang masuk ke dalam rumah warga di tujuh desa rata-rata mencapai 20 cm hingga 30 cm, sehingga hal itu sangat mengganggu aktivitas masyarakat sekitar. Bahkan pelayanan kesehatan di salah satu desa juga terdampak banjir tersebut. 

"Walau air sudah masuk ke dalam rumah, namun warga tetap tinggal di kediaman mereka. Belum ada yang mengungsi," terangnya. 

Saat ini pihaknya terus mencari informasi lain teekait dengan banjir di daerah ini. Selain itu, dirinya juga meminta agar kepala desa segera melaporkan, jika di daerahnya terjadi banjir, sehingga dapat dilakukan pemantauan dan hal lainnya nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 


TAGS:

Berita Terbaru