Banyak Objek Pariwisata di Barito Selatan Belum Terekpos

  • Oleh Uriutu
  • 19 Juni 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan , Eddy Raya Samsuri menyebutkan banyak objek pariwisata masih belum terekspos. 

Hal ini diungkapkannya saat mengahdiri expose akhir kajian Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah atau RIPPARDA 2019-2034 hasil kerja sama Bappeda Barsel dengan Universitas Palangka Raya, Rabu 19 Juni 2019. 

Eddy mengatakan pembangunan kepariwisataan dikembangkan dengan pendekatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat serta berorientasi pada pengembangan wilayah.

“Sebagai daerah tujuan destinasi pariwisata berdasarkan kajian Inventarisasi potensi wisata, bahwa Barsel memiliki 12 objek wisata yang tersebar diseluruh kecamatan,” katanya.

Destinasi pariwisata tersebut, lanjut dia, terdiri dari objek wisata alam, budaya dan objek wisata buatan seperti Air Terjun Senangu di Desa Bintang Ara, Kemudian wisata Gua Liang Lempang di Desa Palurejo.

Untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah melalui sektor kepariwisataan diperlukan kerjasama dan keseriusan seluruh komponen serta para pemangku kepentingan.

"Kita berharap potensi besar yang telah dipersiapkan oleh alam bisa dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan pendapatan masyarakat dan PAD," katanya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru