Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKP Gunung Mas Imbau Masyarakat Waspada Rabies

  • Oleh Magang 1
  • 25 Juni 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kabupaten Gunung Mas mengimbau masyarakat waspada terhadap rabies atau penyakit anjing gila.

“Rabies adalah suatu penyakit menular yang menyerang susunan saraf pusat, disebabkan oleh suatu virus dan mengakibatkan kematian,” ujar Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DPKP Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa, 25 Juni 2019.

Dia menyampaikan, virus yang menyebabkan rabies tersebut menyerang hewan mamalia. Selain itu, virus tersebut juga menyerang manusia.

Walau mematikan, lanjut dia, rabies dapat dicegah dengan rutin melakukan vaksin hewan, untuk mencegah penularan dan sumber penyakit. Disamping itu, dia juga meminta masyarakat agar tidak mengganggu hewan liar penular rabies. 

Dia mengatakan, DPKP Kabupaten Gunung Mas rutin melakukan vaksin hewan dengan melakukan jemput bola, di 12 kecamatan di daerah itu. Dia mengimbau masyarakat agar membantu petugas yang datang saat memberi vaksin, dengan cara mengikat atau mengurung hewan peliharaan.

“Lebih baik kita menjaga hewan peliharaan dengan bertanggungjawab, yakni rutin menyuntik vaksinasi rabies, untuk keamanan kita bersama,” ucapnya. (MAGANG 1/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru