Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sikui Dapatkan Bantuan Sarana Air Bersih

  • Oleh Ramadani
  • 30 Juni 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Masyarakat Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru mendapatkan bantuan sarana air bersih dari salah satu perusahaan pertambangan yang beroperasi di wilayah desa tersebut.

Sarana air bersih ini berupa fasilitas lengkap seperti tong, pipa, mesin pompa air, hingga kelistrikannya sehingga masyarakat hanya tinggal menikmati air bersih.

Kepala Desa Sikui, Saperani, Minggu 30 Juni 2019 mengatakan, sarana air bersih ini merupakan bentuk kontribusi dari perusahaan tambang yang ada di Desa Sikui dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Di 2019 ini, perusahaan telah menargetkan memasang sarana air bersih di Desa Sikui sebanyak 20 unit per titik. “Setiap RT nantinya akan mendapatkan lima titik sarana air bersih. Dan yang sudah terealisasi ada 16 titik yang diletakkan pada RT 6, RT 5, RT 4,” terangnya.

Saperani menjelaskan, sarana air bersih ini menggunakan sumur bor dengan dua bak penampungan dengan kapasitas 3.300 liter setiap tong, “Sehingga satu titik sarana air bersih kapasitas air yang dapat ditampung mencapai 6.600 liter,” terangnya.

Untuk pemanfaatan sarana air bersih ini menggunakan listrik untuk mengoperasionalkan mesin pompa air yang dibebankan kepada masyarakat. Namun ini, dikelola oleh ketua RT setempat.

“Untuk memenuhi air dalam dua buah tong tersebut, hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 4.000 saja. Jadi sangatlah terjangkau. Namun diharapkan warga dapat berkontribusi dalam pengelolaan sarana air bersih ini untuk biaya opersionalnya,” jelasnya.

Jadi masyarakat Desa Sikui, kata dia, tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Tinggal mengambilnya di tempat penampungan air bersih di beberapa titik yang ada di Desa Sikui. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru