Polisi Tangkap Pembakar Lahan di Desa Handil Sohor

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Juli 2019 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jajaran Polsek Jaya Karya menangkap seorang pembakar lahan di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur. Pelaku berinisial WR, 58. 

"Seorang pelaku pembakar lahan sudah kami amankan, dan saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut. Sedangkan seorang lagi masih DPO," ujar Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel kepada Borneonews.co.id, Kamis, 4 Juli 2019. 

Lahan yang dibakar WR merupakan miliknya sendiri, dengan kondisi semak belukar dan gambut. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan bersama warga sekitar.

Tertangkapnya WR, bermula ketika anggota Polsek Jaya Karya melakukan patroli. Saat melintasi desa tersebut, mereka melihat ada kepulan asap dari kejauhan. Sehingga langsung menuju lokasi. 

Sesampainya di lokasi mereka melihat lahan terbakar. Sehingga petugas langsung melakukan penyelidikan, dan menemukan seorang warga yang sedang berkebun di dekat lokasi kebakaran. 

Warga itupun di introgasi. Menurut keterangan warga tersebut, WR yang melakukan pembakaran dengan korek api. Berbekal keterangan itu, polisi langsung menangkap WR. Yang bersangkutan juga mengakui dirinya yang membakar lahan tersebut. 

"Pelaku juga mengakui bahwa dirinya yang melakukan pembakaran lahan tersebut," terang Rommel. 

Lahan yang terbakar tersebut berukuran 40 x 75 meter. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan. 

Kapolres mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Karena dampaknya sangatlah besar. Selain berurusan dengan hukum, dampak kabut asap juga akan mengganggu kesehatan maupun aktivitas perekonomian di Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru