Kondisi Limbah di Sungai Sampit Makin Parah

  • Oleh Naco
  • 06 Juli 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Limbah yang mencemari Sungai Sampit di Desa Pondok Damar dan Natai Baru, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, nampaknya akan semakin parah. Kondisi itu terlihat hingga Sabtu, 6 Juli 2019.

Tak hanya itu, ada lagi yang meluap diduga dari kolam limbah perusahaan sekitar. Diperkirakan, tidak lama lagi tumpahan limbah itu akan sampai ke desa itu mengikuti aliran limbah sebelumnya.

Saat ini limbah itu masih dialiran sungai di wilayah perkebunan kelapa sawit perusahaan atau sekitar 2 kilometer dari Desa Pondok Damar.

Bahkan dari dokumentasi yang didapat Borneonews.co.id tampak perusahaan mengerahkan truk tangki. Mereka menyedot limbah dari sungai itu menggunakan alkon ke truk tangki.

Tampaknya, perusahaan khawatir limbah dengan bau menyengat itu akan semakin memperparah lingkungan Sungai Sampit tersebut.

"Kejadian ini sudah saya sampaikan ke pihak kecamatan. Kami mengimbau warga untuk tidak mengkonsumsi ikan begitu saja. Karena belum tahu apakah bahaya atau tidak. Tapi kalau dari bau air sungai menyengat sekali," kata Kepala Desa Pondok Damar, Dimas, Sabtu, 6 Juli 2019.

Dimas menyebutkan baru melaporkan kejadian itu lantaran ia baru dapat informasi justru dari warganya. Sementara pihak perusahaan justru sebaliknya tidak ada melaporkan itu dengan pihaknya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru