Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Demam pada Sapi

  • Oleh Magang 1
  • 08 Juli 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth menyampaikan, ada beberapa gejala yang muncul pada sapi saat terkena penyakit demam.

“Penyakit ini pada umumnya disebut demam tiga hari, dan disebabkan gigitan nyamuk culex Sp dan lalat cullicoides Sp,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin, 8 Juli 2019.

Dia menuturkan, gejala umum penyakit demam pada sapi di antaranya adalah sapi terlihat lemah dan lesu, susah bergerak dan berdiri, serta demam tinggi dan terkesan pincang.

Gejala lainnya, sambung Yuliana, adalah sesak napas dan gemetaran, nafsu makan menurun, serta timbul cairan pada bagian hidung dan mata ternak.

Untuk pencegahan dan pengobatan sapi yang terkena penyakit demam dapat dilakukan dengan memberi obat antiperitik atau penurun panas, usahakan sapi banyak minum air, penggunaan insektisida pada kandang.

“Kemudian lingkungan kandang harus dibersihkan. Bisa juga menggunakan obat tradisional yaitu gula merah dan garam dapur, selanjutnya diminumkan pada sapi yang sakit,” terangnya. (MAGANG 1/B-2)

 

Berita Terbaru