Peralatan Tim Serbu Api Kelurahan Perlu Peremajaan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 Juli 2019 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) memiliki peran penting dalam respon cepat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Namun ternyata ada beberapa TSAK yang peralatannya perlu peremajaan.

Hal ini diakui Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Supriyanto. Dia mengatakan TSAK yang tidak lagi berfungsi dengan baik adalah sarana mobilitas dan peralatan pemadaman.

“Ada beberapa yang sudah tua dan rusak lama tidak digunakan. Seperti motor roda tiga, genset yang tidak bisa hidup, sampai selang yang tidak konek,” ucap Supriyanto, Jumat, 12 Juli 2019.

Padahal dia mengakui peralatan itu merupakan perangkat utama dalam menunjang tugas pemadaman kebakaran, terutama bagi para personil TSAK Palangka Raya.

Supriyanto berencana menyatukan TSAK Kota Palangka Raya di dua lokasi utama. Yakni di Kelurahan Langkai dan Kelurahan Tanjung Pinang.

“Dua kelurahan ini nantinya akan kami jadikan sebagai kelurahan tanggap bencana kebakaran hutan dan lahan,” beber pria yang juga menjabat sebagai Asisten II Pemerintah Kota Palangka Raya ini.

Pada kesempatan itu dia mengingatkan sinergitas antara pemerintah, swasta, dunia usaha dan masyarakat sangatlah diperlukan dalam mencegah Karhutla. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru