4 UMKM dalam Karya Kreatif Indonesia adalah Binaan Bank Indonesia dari Berbagai Segi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2019 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah membawa empat usaha mikro kecil menengah atau UMKM dalam ajang Karya Kreatif Indonesia yang telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo sejak Jumat lalu di Jakarta.

Keempat UMKM unggulan binaan Bank Indonesia ternyata telah menerima bantuan dalam berbagai bentuk. "Pembinaan Bank Indonesia terhadap UMKM itu dari beberapa aspek," kata Asisten Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan, Bank Indonesia Prwakilan Kalimantan Tengah, Prasustyawatiningsih kepada Borneonews, Rabu, 17 Juli 2019.

Aspek tersebut baik itu dari sisi produktivitas maupun pemasaran. "Bisa dari aspek produktivitas atau pemasaran. Bisa juga diberikan bantuan berupa penyediaan sarana prasarana atau pelatihan dalam peningkatan kualitas," jelasnya.

Pembinaan juga dilakukan melalui pemasaran produk, sehingga yang terpenting dari bantuan Bank Indonesia ialah melihat kebutuhan UMKM itu sendiri.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Wuryanto mengatakan UMKM yang dibawa dalam kegiatan KKI 2019 ini yakni kerajinan rotan dari Kelompok Uwei Pambelom, Kabupaten Pulang Pisau. Lalu ada UMKM batik benang bintik tentunya sebagai kebanggaan warga Kalteng.

Kerajinan batu dari Queen Borneo serta UMKM yang menghasilkan kaos etnik Arut Selatan, Pangkalan Bun. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru