Gubernur Ingin Budaya Tani di Kalimantan Tengah Berkembang 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 Juli 2019 - 23:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, menginginkan budaya tani kembali berkembang di Bumi Tambun Bungai. Apalagi, Kalteng merupakan kandidat kuat sebagai calon ibu kota pemerintahan Republik Indonesia.

"Kita harus kembali untuk bagaimana membudayakan pertanian. Kemudian, juga peternakan dan perikanan," kata Gubernur Kalteng, Kamis, 18 Juli 2019.

Gubernur menyampaikan hal itu saat peluncuran program Benih Unggul Perkebunan atau BUN500 juta batang di Kelurahan Tumbang Tahai, Kompleks Sidomulyo, Kecamatan Bukit Baru, Kota Palangka Raya.

Hal tersebut juga didengar langsung Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu, gubernur mengucapkan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan perhatian untuk Kalteng. Ucapan terimakasih juga disampaikan ke Menteri Pertanian. 

Gubernur menyampaikan selalu siap menyediakan lahan pertanian. Zona-zona untuk tanaman yang cocok juga sudah dibagi.

"Kami ucapkan terimakasih kepada pak presiden dan menteri, karena bibit disiapkan. Intinya kita selalu siap, lahan cukup luas," kata Sugianto.

Di sisi lain, dia juga telah memberitahukan kepada menteri bahwa Kalteng juga menyiapkan sekitar 60 ribu hektare untuk peternakan sapi. 

"Yaitu di Kotim, Kobar, Sukamara, Lamandau dan Seruyan. Menteri bersedia menyampaikan ke presiden," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru