Murung Raya Krisis Air Bersih, Ini Penyebabnya!

  • Oleh Syahriansyah
  • 23 Juli 2019 - 00:46 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Keadaan air DAM atau bendungan yang berada di Dirung Karengkang  mengalami defisit air sehingga tidak bisa masuk ke dalam saluran pipa utama Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Puruk Cahu. 

Akibatnya, sekitaran Kota Puruk Cahu mengalami krisis air bersih dalam beberapa waktu terakhir ini.

Direktur PDAM Puruk Cahu, Esliter menjelaskan, situasi ini karena kondisi alam yang sudah memasuki musim kemarau dalam kurun waktu satu bulan ini sehingga debit air rendah pada DAM Dirung Karengkang dan tidak bisa masuk ke dalam tong bendungan untuk masuk ke pipa utama. 

"Ini masalah yang kita hadapi saat ini, debit air rendah pada DAM kita tidak bisa masuk ke dalam tong bendungan pipa utama lagi," ujarnya saat melakukan pemantaun DAM Dirung Karengkang, Senin, 22 Juli 2019.

Ia juga melanjutkan, debit air pada Dirung Karengkang berada 3 meter di bawah saluran tong bendungan pipa utama sehingga tong bendungan pipa utama mengalami kekeringan. 

"Kali ini debit air Dirung Karengkang di luar dari perkiraan kami pada musim kemarau ini hingga berada 3 meter dari saluran tong bendungan pipa utama yang menuju ke Water Treatment Plant (WTP)," tambahnya. (RIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru