Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban Libatkan 60 Petugas

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Peternakan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan menurunkan 60 petugas untuk cek keshatan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Reteriner Dinas Peternakan Kobar Haryo Prabowo mengungkapkan, 60 petugas itu untuk mengecek kesehatan hewan atau antemortem.

"Pengecekan kesehatan hewan sebelum dipotong atau antemortem sudah berjalan dan terus dilakukan hingga hari H. Selain itu, juga akan dilakukan pengecekan postmortem, apakah ada penyakit atau tidak?," ujarnya, Kamis, 25 Juli 2019.

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak jelang Idul Adha rutin dilakukan setiap tahun, mengingat hewan ternak tidak hanya berasal dari dalam kota, tetapi dari daerah laih bahkan dari luar Pulau Kalimantan.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Reteriner Dinas Peternakan Kobar Riwala menambahkan, hasil pemeriksaan kesehatan hewan sementara ada beberapa yang sakit dan harus diobati terlebih dahulu.

Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, petugas akan memasangkan kalung pada ternak sebagai tanda layak dikonsumsi.

"Hingga kini penyakit hewan yang kita temukan hanya sakit mata. Maka tidak kami beber kalung ternak sehat, harus diobati terlebih dahulu. Kalau sudah sehat baru kita kasih kalung tanda sehat," ujarnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru